Saturday 21 March 2015

Pengalaman Inha Summer School 2014

Hello teman-teman semua!
Hari ini aku akan post mengenai pengalaman aku mengikuti Summer School di Korea pada 28 July - 16 Agustus 2014 yang tepatnya dilakukan di Incheon. Sebenarnya aku ingin post kegiatan-kegiatan aku selama disana, tetapi karena satu dan lain hal jadi aku baru sempat untuk post masalah summer school ini. Kenapa? Aku lihat, Inha University sudah buka pendaftaran untuk Summer School 2015 loh :) Info lengkapnya bisa dibuka disini.


Application
Sebetulnya aku sudah mendapatkan informasi mengenai summer school ini pada tahun 2012. Salah satu temenku ada yang mengikuti program tersebut dan hidupnya menjadi lebih indah haha Sayangnya aku waktu itu juga baru lulus SMA, jadi bisa ikut program tersebut di tahun selanjutnya. Tetapi karena belum ada biaya, dan juga karena program tersebut bertepatan dengan Eid Fitri.
Untuk program Summer School INHA 2014 sendiri persiapanku lebih matang. Hal yang pertama aku lakuin tentu aja daftar ke websitenya. Dan untuk courses yang aku ambil adalah, Korean Culture Workshop, Introduction to Korean Bussiness and Economy dan East Asia Politics and International Relation.
Kalau setelah mengisi form masih ragu dengan course yang dipilih, gausah takut :) Biasanya Universitas memberikan kesempatan hingga dua minggu sebelum kedatangan untuk kita mengganti coursenya :) Kalau pengalaman aku sendiri, Inha memberikan kesempatan dua minggu sebelum arrival, akun kita akan di lock supaya kita tidak mengganti mata kuliah yang ingin diambil. Kemudian hari pertama belajar kita bisa merubah lagi mata kuliah kita kalau memang kita tidak cocok, (dengan syarat buku yang diberikan belum di coret-coret karena harus dikembalikan).
 Untuk ikut Summer School Inha sendiri tidak perlu takut ditolak, karena tidak ada persyaratan khusus ;) Disana panitianya bukan hanya orang korea. Tapi ada juga chinese, japanese, dan indonesian :) Panitianya adalah mahasiswa/i yang berkuliah di Inha. Jadi jangan takut, selain bahasa Inggris, terkadang panitianya akan mentranslate pengumuman penting ke indonesian, japanese, dan chinese.

Payment
Setelah kamu mengisi formnya, kamu bisa akses akun kamu dengan mengisi tanggal lahir dan email kamu.
Begitu login, itulah yang akan terlihat oleh kalian. Yang paling penting adalah status pembayaran kalian. Disitu akan tertulis 0 USD, dan tentunya setelah kalian mentransfer biaya tuitionnya, status itu akan terupdate sesuai dengan jumlah yang mereka terima.
Share pengalamanku ya, pada saat aku mengikuti tuition ini, biaya yang harus aku kirim kesana adalah 880 USD (Kurs apr 11.400). Karena Inha sendiri meminta kita mengirim uang ke Hanna Bank, aku ke Hanna Bank cabang Jakarta untuk setor tunai dengan tujuan tidak ada biaya transfer bank. Tetapi tellernya sendiri bilang aku harus punya rekening Hanna Bank (Gak bisa Setor Tunai) jadi aku memilih untuk ke bank lokal aja, kebetulan yang terdekat itu adalah bank mandiri :) Dan ternyata bisa kok kirim kesana pake bank mandiri ;) Cuma emang kena charge lagi untuk pengiriman internasional sekitar 25 USD. Jadi lebih baik siapkan uang lebih ya, karena kalo kalian transfer ke Inhanya kurang, kalian akan lebih repot karena harus bayar pas disana kekurangannya. Ohya untuk pembayaran internasional ini biasanya prosesnya 5-7 hari kerja jadi kalian bisa buka akun kalian untuk cek apakah pihak Universitas sudah menerima uang kalian atau belum.

Visa
Setelah ditutupnya masa pembayaran, Inha akan mulai mengirim Letter of Invitation melalui email ke kalian, kecuali kalau kampus kalian ada hubungan kerja sama dengan Inha ya, biasanya Invitation Letter dikirim ke bagian mahasiswa dulu, baru kalian bisa ambil. Surat dari Inha ini bisa sebagai lampiran ketik kalian apply visa dan biasanya akan membuat kalian lolos 99% lebih mudah :D
Visa C-3 (Short Term tourist) korea sendiri kalau tidak salah biayanya 40 USD. Kalian tidak perlu bikin visa pelajar kok, karena kalian cuma stay tiga minggu (kurang dari 90 hari). Kalian bisa cari tahu tentang visa korea lainnya disini.
Apa saja yang perlu disiapkan untuk visa? Sepertinya banyak ya yang sudah share tentang ini. Tapi disini akan aku share juga karena mungkin ini sedikit berbeda dengan visa-visa lainnya.
  1. Passport Asli
  2. Pas foto 3x4 1 lembar dengan background putih dan no smile
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi Kartu Keluarga
  5. Rekening Koran 3 bulan terakhir. (Bagi yang belum berkerja bisa menggunakan rekening koran orang tuanya, dan dilampirkan surat sponsor yang menyatakan orang tua kalian akan menjamin biaya hidup kalian selama disana)
  6. Surat Keterangan aktif dari tempat kerja atau universitas
  7. Surat Rekomendasi pembuatan Visa
  8. Invitation Letter dari Inha
  9. Itinarary yang akan di lakukan selama di Korea. Karena kita kuliah dan Inha sendiri sudah mempunyai jadwal. Kalian bisa print table Itinarary yang Inha post di halaman websitenya.
  10. Bukti Pemesanan Penerbangan
  11. Membawa form visa yang sudah kalian isi dirumah. Download formulirnya disini 
Pick-Up Service
Inha menyediakan Pick up service untuk kalian yang tiba satu hari sebelum perkuliahan dimulai (biasanya hari minggu) Dan ada tiga waktu penjemputan, jam 10.00, 14.00 dan 19.00. Jadi kalian bisa sesuaikan waktu landing kalian dan waktu saat Inha menjemput. Aku sih merekomendasikan ini kalau kalian memang datang tepat waktu (gak niat extend liburan sebelum summer school ini). Soalnya dari Incheon Airport ke Inha sendiri itu lumayan jauh dan kalau naik taksi bisa habis 50 USD katanya atau 50.000 Won. Mendingan buat shopping kan uangnya? :P

FAQ

  1. Penetapan Kamar di Asramanya gimana? Semua penetapan kamar, ditentukan oleh Inha, menurut Inha biasanya hal tersebut di tentukan dari negara asal, universitas asal. Tapi tahun lalu aku dipisahin sih sama temen satu universitas aku xP
  2. Cuci bajunya disana gimana? Asrama atau dorm dilengkapi dengan tempat cuci baju kok (?) Bisa dibilang laundry, tapi kayaknya mahasiswa lebih suka self service laundry deh. Jadi kita bisa nyuci baju dengan memasukan koin 1000Won (sekitar 12.000 Rupiah). Kalau saat itu kamu punya uang lembaran tenang aja, ada mesin penukar uang kertas jadi koin kok disana :D Pengering bajunya juga bisa aktif kalo kita masukin koin 1000Won. Jadi total mencuci biasanya 2000 Won. Di sana juga disediain setrikaan biasa dan setrika uap kok. Jadi kalian gausah takut. Cuma ya emang antri banget. Mending kesana pas lagi sepi hehe biasanya malem xp
  3. Inha akses kemana-mana dekat gak? DEKET BANGET. Jadi didalam asrama aja ada swalayan namanya C.U. mirip-mirip sama Circle K deh disini. Terus di deket asrama sekitar 300-500 meter ada swalayan besar namanya Home Plus. Home Plus itu mirip sama Giant disini. Semuanya lengkap! Aku sih saranin kalian grocery shoppingnya disini, snack-snack sering diskon. Beli nasi juga murah kalo banyak yang biasanya 1000Won bisa jadi 800Won :D Di depan asrama sendiri ada halte, bus yang lewat itu nomer 5-1 bisa ke Stasiun terdekat (Juan Station) , dan ada juga bus merah yang tujuannya langsung ke Gangnam, tapi aku ga coba bus yang ke gangnam sih XDD Di belakang kampus sendiri itu udah pusat pertokoan, hehe kalo menurut aku sih di sekitar kampus aja tuh udah lengkap bgt, gaperlu ke Seoul lagi kalo mau belanja xDD
  4. Ibadahnya gimana ya? Ohya kalo masalah ibadah, aku punya time table waktu shalat. Tapi untuk mudahnya kalian bisa download muslim pro di play store atau app store. Untuk umumnya sih waktu shalat subuh biasa jam lima pagi, dzuhur jam satu siang, ashar jam empat sore, maghrib jam delapan malam, Isya jam setengah sepuluh malam. Seperti yang kalian tau kalau summer itu waktu siangnya lebih lama daripada malamnya, jadi pas puasa lumayan banget nungguin buka puasanya. Kalau shalat, aku saranin ya dari muslim pro itu jadi kamu tau kiblatnya dimana. Kamu biasa balik dulu ke dorm saat makan siang untuk shalat dzuhur dan shalat di kamar :) Untuk yang non muslim, gereja cukup banyak di sekitar kampus, aku kurang tau tapinya dimana.. Cuma dari yang diceritain temen aku, ya doanya pake bahasa korea, kalau mau yang bahasa inggris katanya jam lima pagi, itu juga di Seoul haha ._.
  5. Inha kan di Incheon ya, kalau mau ke Seoul jauh gak? Hm, lumayan sih. Kalau naik bis bisa satu jam setengah. Kalau naik kereta sekitar sejam. Dan kalau gadapet duduk lumayan banget sih dirinya ;_; haha
  6. Makanan Halal gimana? Susah.. tapi ya Insya Allah diterima lah makan kita. Abis mau gimana lagi ._. Tapi kadang dorm suka nyiapin dish yang gak halal, baik di korean food or international foodnya. Jadi aku saranin bawa semacam sambal kentang kering, abon, atau rendang jadi kalo kamu ke kantin menunya lagi yang gak halal, kamu bisa siasatin dengan ambil nasinya trus makan dengan lauk yang kamu bawa. Untuk instant foodnya sendiri disana udah ga halal sih ya, jadi hati-hati ya kalian :D
  7. Internet gimana? Kalau di dorm sih ga disediain wifi yah, tapi setiap meja belajar disediain colokan internet, jadi disarankan kalian bawa kabel LAN supaya bisa tetap internetan. Tips dari aku sih bawa kabel LAN sampe lima meteran jadi laptop bisa sampe dibawa keatas tempat tidur xD (diatas ada colokan buat laptop). Kalo untuk diluar.. Wifi banyak yang gak pake password di halte bus. Kalo di kereta sebenernya ada tapi untuk provider tertentu aja kalo disini mirip sama wifi.id ._. Kalo di cafe-cafe sih ya biasanya di sediain cafe, passwordnya bisa diliat di kasir biasanya xP
  8. Cuma buat S1 aja atau S2 bisa ikut? Setauku program ini bisa buat S2 juga kok. Yang penting peserta adalah mahasiswa aktif aja sih. Soalnya yang kita pelajarin ini juga kan hal hal umum aja gak teoritis. Kalo emang ada teori, juga ga berat dan cocok untuk S1 S2.
 So far ini pertanyaan yang ada di otak aku dan yang bisa aku langsung jawab. Kalau ada pertanyaan lebih lanjut kamu bisa komen di post ini ya! I will reply them as fast as I can :D Semangat semua!

38 comments:

  1. hey,aku dean. mau tanya nih mengenai summer school.. aku niatnya mau ikut summer school tahun ini di inha. kalau kedatangannya baiknya berapa hari sblm summer school dimulai ya? Kalau kepulangan, misal summer schoolnya sdh selesai hari jumat tp aku pulang ke indo hari minggu. msh difasilitasi dorm gak ya? thank you in advance:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kamu gak mau extend, baiknya datang H-1 perkuliahan dimulai (biasanya kuliahnya senin, berarti landing di airport bagusnya hari minggu karena dijemput sama mereka :P) kalau naik air asia, mereka cm ada jam landing jam 8 AM KST. Jadi mau gamau dari Indonesianya sabtu malam.
      Kalau kamu mau extend buat liburan aku saranin sih pulangnya, selain bbas bs beli oleh2 macem2, penerbangan pulang biasanya juga lebih murah krn menjauhi peak season.

      masalah fasilitas dorm, sayangnya inha tidak memfasilitasi kita yang menambah hari walau cuma sehari :( Kegiatan selesai hari jumat dan kunci dorm paling lambat dikumpulkan hari sabtu siang (shuttle bus ke airport jg paling lambat jam 10am). kalau kamu pulang minggu, lebih baik kamu cari penginapan aja. di sekitar kampus banyak tempat penginapan kok :)

      Delete
    2. Halo, aku irun.. aku juga mau ikut summer school tahun ini.. Deanira Tfn udah booking tiket?

      Delete
  2. Harus fasih bahasa inggris gak sih? bahasa inggrisku masih basic banget:'') Makasih banyak yaaa infonyaaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak juga kokk disana santai aja ;) sama-sama dean!

      Delete
  3. Aku boleh mnt line atau email gaa? Ngomong-ngomong kamu kuliah angkatan thn brp? hehe biar aku enak manggilnyaaa:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. official.kyusya@gmail.com.. nanti disitu aku kasih line aku ya ;) aku angkatan 2012 haha santai aja lagi panggil nama jg gapapa^^

      Delete
  4. Hai , aku mau ikut inha summer school jg tapi masih bingung , oh iya total biaya yang di perlukan berapa ya , termasuk biaya sehari2 selama disana

    ReplyDelete
  5. Hai aku mau nanya kalo east asian politic and International relation tugasny bnyak ga?trs klo ujianny itu susah ga?makasih

    ReplyDelete
  6. hai, aku ulik aku juga ikut inha tahun ini nih. kalo misal kalian ada yang mau tuker informasi bisa add line aku. id: mftulik. thankyouu!!! buat aca informasinya bantu banget ^^

    ReplyDelete
  7. Wah sayang cuma buat mahasiswa aktif ya gak bisa buat yang kerja😁 apa kudu ikutan program short term intensive program ya.. minat nyoba di korea university

    ReplyDelete
  8. Info chingu
    Summer Course di SEOUL juga da loh disini :)

    https://scontent-lhr3-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xap1/t31.0-8/s960x960/12628531_228067807530331_3201080329427262932_o.jpg


    https://www.facebook.com/7licinere

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Mau tanya kak kan saya apply yg tahun 2016 tapi gak bisa log in. Katanya datanya belum ada di system mereka. Padahal saya udah di email berhasil melakukan application online via email.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya. kasus kamu saya seperti saya. saya stlh apply, langsung nanya ke inha via email. nanti dibales nomor application, terus disuruh bayar deh

      Delete
  11. Hai Aca, salam kenal. aku tertarik banget sama pengalaman kamu ikutan summer school di INHA. pengalaman yang menyenangkan seperti prosesnya. Trus di screencap kamu kan tulisan yang bunyinya "All universal students who are currently enroll at university" berarti kan yg masih kuliah ya? kalo aku kan udah lulus dan udah kerja apakah masih bisa ikutan Summer School atau harus yg masih menyandanggelar mahasiswa? Thank yor for answer :)

    ReplyDelete
  12. hai kaa aku Steffi.. infonya lengkap banget ka buat pendaftaranya..

    aku udah daftar yang 2016 tinggal bayar aja ka.. mau nanya kaa.. summer schoolnya d mulai 26 juli - 15 agustus ka.. aku rencananya mau manjangin 5 hari sampai 19 agustus.. tapi kak kalo ga salah kita juga bakal d bawa keliling seoul sama Inha ya ka? d bawa ke mana aja ya kak?

    balasannya d tunggu ya kak makasihh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misi boleh minta emailnya? Aku lagi cari temen buat berangkat bareng ke Inha.Ato kalo ndak boleh contact aku ke bisma.lucu@gmail.com. Makasih :D

      Delete
  13. Mau bantu jawab. Tahun lalu gue ikutan summer school juga dan tahun ini mau ikut lagi. Kalau untuj halan2 tahun lalu inha nonton nanta show dan itu letaknya di myeondong. Tahun ini di list jadwalnya bakalan ke sana lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misi boleh minta emailnya? Aku lagi cari temen buat berangkat bareng ke Inha.Ato kalo ndak boleh contact aku ke bisma.lucu@gmail.com. Makasih :D

      Delete
  14. hai aku juga mau ikutan summer school taun ini insya allah. mau nanya dong, pas bayar itu harus langsung lunas, atau boleh setengahnya dulu terus nanti dilunasin pas nyampe di sana? makasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misi boleh minta emailnya? Aku lagi cari temen buat berangkat bareng ke Inha.Ato kalo ndak boleh contact aku ke bisma.lucu@gmail.com. Makasih :D

      Delete
    2. hai, setahuku harus dilunasin dari sini sih hehe

      Delete
  15. Kak, mau nanya dong kalo mo apply via online itu harus udah punya passport ya?
    Kalo kita ga masukin nomor passportnya ga bisa submit ya?
    Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. hai tahun ini aku juga daftar Inha Summer School, kalo soal passport blm punya nanti masih bisa di edit kok :)

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Permisi ka, mau info aja. Tahun ini aku rencana mau ikut Inha Summer School 2016. Nah berhubung aku nggak boleh berangkat sendiri sama ibu aku, aku cari temen buat berangkat bareng. Kalo ada yang berangkat tahun ini info aku dong ke bisma.lucu@gmail.com biar aku ada temennya huaaaaaaaa. Oh iya btw aku dominisil Jogja. alo bisa nanti barengan dari Soetta:D Thank You chinguu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo. aku juga nyari teman buat sumer inha nih dan aku juga di jogja!

      Delete
    2. boleh minta emailnya?share pengalaman disana soalnya aku insyaallah pengen tahun depan ikut juga atau email aku aja ke permataronaa19@gmail.com

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Hai kakak-kakak, aku elma. Aku masih baru lulus SMA nih. Tapi aku pengen kalo udah kuliah nanti ikutan summer school. Aku mohon bantuannya dong kak, langkah langkah cara nyari summer school di internet sampe cara nyari sponsornya hehe, maklum aku belum ngerti apa apa tentang study abroad kayak gini :D mohon bantuannya ya kaaak :D

    ReplyDelete
  20. Hai kakak-kakak, aku elma. Aku masih baru lulus SMA nih. Tapi aku pengen kalo udah kuliah nanti ikutan summer school. Aku mohon bantuannya dong kak, langkah langkah cara nyari summer school di internet sampe cara nyari sponsornya hehe, maklum aku belum ngerti apa apa tentang study abroad kayak gini :D mohon bantuannya ya kaaak :D

    ReplyDelete
  21. hai aku insyaallah mau ikut tahun depan buat kekorea butuh informasi dan tuker pengalaman dan pastinya butuh temen bareng
    bisa via email permataronaa19@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Hallo semuanya. Aku pengen ikut tahun ini (2017) udah daftar tinggal bayar. Cuma aku mau ada temen. Apakah ada dari kalian pengungjung blog ini yang butuh temen? Aku dari bandung tapi berangkat dr soetta kok : ) mohon kontak aku ya kalau ada yg minat sama". Makasihh
    asaliawidjaja84@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Ka aku mau tanya, kalo kita gk bisa bahasa inggris ataupun korea nnti disana gimana? Apa masih bisa ikut program ini? Mohon informasinya ya ka. Terima kasih^^

    ReplyDelete
  24. Hai, aku lagi nyari temen barengan buat ke korea taun depan. Kalo ada yg mau bareng bisa line aku yaa id: nabilandarap :D makasii

    ReplyDelete
  25. Hai, aku lagi nyari temen barengan buat ke korea taun depan. Kalo ada yg mau bareng bisa line aku yaa id: nabilandarap :D makasii

    ReplyDelete