Wednesday 8 February 2017

Travel Diary - Travel ke Korea 10 Hari cuma 10 juta!


15 Aug 2014 - Ugh cheeks T T

Hello semuanya!
Minggu lalu aku berjanji akan membahas masalah traveling-ku ke Korea yang akan berlangsung selama sepuluh hari, mulai tanggal 10 February - 19 February. Dan hari ini aku akan menepati janjiku dengan membuat thread post-post travel diaryku. Jadi pada post ini akan berisi seperti masteerlist dari post-post-ku selanjutnya mengenai perjalananku ke Korea. Mungkin akan berisi semacam diary, guide ke beberapa tempat dan beberapa pengalaman? Jadi selalu tunggu post ku, okay?

Sekarang lanjut ke ngapain sih aku ke Korea? Jadi nantinya aku akan kesana untuk guide satu rombongan. Karena aku pernah stay di Korea hampir satu bulan, ya aku sedikit-sedikit bisa sih membawa orang ke Korea, J. Tapi aku bukan guide utama sih, jadi ada temanku yang lebih pengalaman, dan dia ketua guide-nya. Bisa dibilang aku co-guide, dan membantu bagian dokumentasi juga. Tournya 10 juta kak? Backpacker ya? Yes! 

Kalian bisa baca selengkapnya disini mengenai detail dari tour-nya. Secara singkatnya aku jelasin disini ya, sepuluh juta itu sudah termasuk tiket pesawat, penginapan, admission tourist sites, makan pagi, dan transport. "Ah banyak tour lain yang seperti itu kak.." Well, memang sih banyak yang murah juga tetapi aku merasa tour ini udah nyaman banget untuk kita yang sudah terbiasa 'manja' di Indonesia. Kenapa?


  1.  Pesawat. Tour yang aku ikuti ini menggunakan pesawat Garuda Indonesia direct dari Jakarta ke Seoul. Penerbangan nya sekitar pukul 23.30. Untuk yang penggemar K-Pop, pasti hafal jadwal penerbangan Idol kalau pulang dari acara showcase/konser kan? Mereka biasanya naik pesawat malam Garuda yang jam segitu. Nanti juga jadwal sampai Jakarta-nya lagi, sekitar jam 4 sore. Lumayan bisa langsung istirahat pulang :) Balik lagi ke Garuda Indonesia, kita dapat bagasi 30kg, Meals. Bagasi paling penting sih, soalnya aku pergi kan musim dingin, baju rata-rata tebal. Kalau cuma 20kg, mana cukup apalagi untuk beli oleh-oleh? Selain itu, ini pengalaman saya pertama kali keluar negeri naik pesawat ternama dari Indonesia ini. Ada rasa bangga sih untuk memakai armada dalam negeri.
  2. Penginapan. Bersama Baragi Tour kita akan tinggal di salah satu guest house daerah Hyehwa. Kenapa daerah Hyehwa? Kurang terkenal ya? Padahal Hyehwa ini dekat sama salah satu Universitas di Seoul, memang tidak seterkenal Ewha atau Hongik sih, tapi logikanya, kalau daerah dekat Universitas, biasanya banyak makanan-makanan atau tempat belanja terjangkau hehe. Daerah Hyehwa ini juga kebetulan tidak seramai jika kita menginap di Myeongdong, Hongdae. Jadi kalau kalian mencari daerah yang tidak bising, jangan di Myeongdong atau Hongdae ya, J. Lagian kalau kalian tinggal disana, keluar guest house pasti kalap belanja, kalau agak jauh dari mereka mungkin bisa lebih irit sedikit? LOL. Penginapan yang disediakan oleh Baragi Tour juga mudah diaksesnya. Untuk kita para backpacker atau traveler, saya sering mencari guest house murah via AirBnB, harganya relatif murah dari 250-400/person/night, tetapi pas lihat dari map, biasanya agak jauh dari stasiun subway/halte bus. Bahkan kadang jalannya tidak friendly, banyak tanjakan-tanjakannya. Kalau baru dateng bawa koper bisa gempor sih. Jadi menurutku penginapan di Hyehwa ini lumayan nyaman dari segi aksesnya.
  3. Flexible Eating. Jujur, makanan-makanan di Korea menjadi salah satu mengapa aku ingin kembali kesana. Contoh, di Hongdae aku mau coba 'Fondue Tteokpokki', ada 'Buffet Tteokpokki', 'Hello Kitty Cafe', 'One Piece Cafe', and some other places where I know from Youtube Vlogger. Baragi Tour ini tidak menyediakan makan siang dan malam. Jadi bisa kalau aku mau makan sendiri di tempat yang di datangi. Tapi jika kalian bertanya masalah makanan yang halal di wilayah tersebut, guide tour-nya akan membantu menjawab. Ya misalnya kamu ke Myeongdong mau makan makanan pinggir jalan, ada banyak variasinya, kan? Kalau kamu makan malam bareng lagi, pasti jadi terlalu kenyang. Jadi makan malam bersama itu optional. Kalian bisa tetap memilih apa yang mau kalian makan.
Kayaknya itu yang aku rasa nilai plus dari tour ini. Walau aku belum jalan, tapi udah excited dari tiga hal tersebut. Disatu sisi yes we are a free backpacker, disatu sisi kita tetap diarahkan kesana-kesininya. Itu kenapa aku suka konsep dari tour di Baragi ini. Kalau masalah harga, murah atau nggaknya relatif kemampuan masing-masing orang, ya kan? Tapi dari 10 Juta ini, menurutku worth it karena nyaman :)

Kalau kalian tertarik jalan ke Korea sama Baragi Tour, kalian bisa cek website mereka. Baragi Tour sedang membuka pendaftaran untuk Tour Musim Panas tahun 2017 ini. Harganya sama, hanya 10juta, dengan itinirary yang lebih padat, bahkan tidak hanya di sekitar Seoul, selanjutnya juga akan pergi ke Busan. Sounds fun, huh? Ayok join!

--
Travel Diary - Pengalaman naik Garuda Indonesia Jakarta Korea!
Next Post:
Travel Diary - Resep membuat #MarksMeal Halal di Korea!
--

Kalau ada yang mau tanya masalah tour ini, boleh kok nanya aku tapi takutnya late respond, jadi bisa langsung cek website adminnya ya! Disana ada contact number 😃 Semoga kalian semua yang baca ini bisa segera ke Korea yaaaa! 😉

Cheers,
Aca

No comments:

Post a Comment