Sunday, 1 October 2017

Healthy Journey - DIET STARTER TIPS!





Hello Temen-Temen!
Tadi aku post di instagram kalau apakah aku perlu buat post di blog tentang starter steps untuk memulai diet ala aku. Dan aku dapet lumayan banyak respond YAYYYY haha. Kebetulan aku banyak dapet pertanyaan yang sama dengan gimana caranya, gimana supaya konsisten, dan lainnya. Daripada aku jawab hal-hal yang sama terus, jadi kayaknya akan lebih mudah kalau aku langsung buat satu post aja deh. Jangan males baca ya teman. Karena kalo kita baca dan mikir, itu ngebakar kalori juga lohhh :P Yuk langsung aja baca di bawah!

MY SHORT STORY:
Berawal dari rasa HARUS BERUBAH. Bukan berubah jadi power ranger. Tapi I was like, I am 22 years old and I have my target to get married. I have diabetic genetic, until when I should overweight like this? Rasa-rasa demikian membuat aku ingin mulai. Dulu pas kuliah aku pernah mulai, dengan diet mayo dan kurangin nasi sampe sekitar 4 bulanan, turun sekitar 6kgs. Dan alhamdulillah abis ga diet aku naik lagi sekitar 12 kg. PARAH. Dari situ aku capek diet mayo.
Tahun depannya coba lagi diet mayo, pake catering karena niat. Mahal? Iya. Tapi masih dibayarin mama jadi agak tenang. Turun tiga kilo dalam 2 minggu. Abis itu agak stabil sampe aku bener-bener mutusin buat berubah December 2016 lalu.. Jeng jeng....

Maaf agak receh. Padahal ini bukan thread twitter.

Terus aku iseng coba mau ngegym! Yang penting daftar aja. Kebetulan aku itu anaknya selalu mikir “KALO UDAH BAYAR SAYANG GA DATENG.” Gitu.  Makanya kalo aku ikut les, aku gapernah bolos. Pas kuliah dan sekolah juga jarang ga masuk soalnya aku mikir kasian mama udah bayar mahal tapi aku ga masuk. Padahal tiap kita masuk pasti ada ilmu yang bisa dipakai dan worth every pennys we spent kan. Iya aku anak mama. Iya aku cinta uang. Eh lebih tepatnya paham susah nyari uang, jadi ga ngegampangin.
Nah dari situ aku coba deh daftar gym Awal december lalu. Bulan december aku belum diet ketat. Cuma olahraga dan diet kurangin nasi dan ga makan malam. Turun? Iya dong. Turun yang benar itu 2kgs perbulan MAKSIMAL. And I reached that. Applause for me. Kenapa? Karena tubuh butuh penyesuaian. Bayangin deh kalo kamu turun drastis, itu kulit pasti jadi kendor kan? Kalo kata trainer aku sih emang yang bagus 2kgs perbulan, berarti setahun maksimal 25kgs lah turun. And did I reach that? ALHAMDULILAH I DID.

Nah Bulan berikutnya, aku coba diet ekstrim kayak diet GM, ga makan malam, Cuma makan buah, dll. Cepet? Wah cepet banget. Aku turun lagi beratnya sekitar 8 kg. Jadi akumulasi dua bulan aku turun 10kgs. Cepet? Iya kecepetan banget. Kenapa? Karena aku menghindari karbohidrat yang punya sifat mengikat air. Skip dulu ya ini agak ilmiah dan saya bukan dokter .
Bulan-bulan berikutnya makin susah. Palingan turun 5kg sebulan tp 3 bulan kemudian stuck. Gitu aja terus sampe sekarang. Aku mikir lama-lama sekarang untuk nurunin cepet kayak kemarin udah susah karena, yang harus ku ilangin itu ada LEMAK bukan AIR. Dan lemak bisa ilang bukan dari makanan aja, tapi pembentukan otot. Dan itu SUSAH. Jadi sekarang dietku lebih kayak ke maintain aja sih. Soalnya suka cheat kan, nanti naik tuh beratku. Ya diet aja lagi. Setidaknya aku tahu diri lah kalo abis makan enak. Biar ga bosen dan ga balik ke awal lagi aja.

Aku terus kayak gitu sampe akhirnya sekarang bisa turun 25 kgs. Berat awalku berapa? Banyak deh. Hampir tiga angka. Pernah kok tiga digit angka. Pas masih kuliah. Sekarang alhamdulillah udah turun 25kg. Ya dikira-kira sendiri aja yes berapa haha.
Apa aku masih diet? Masih dong tapi aku nyantai. Soalnya aku udah turun 25kg yang seharusnya Cuma boleh segitu setahun. Gabaik buat tubuh. Dan jujur aja aku ngerasa ada loosing skins gitu. Cara mengatasinya adalah olahraga dengan beban-beban. And I don’t do that. Kenapa? Karena di gym banyakan laki-laki disitu. Saya pemalu. Ga. Kurang nyaman aja hehe Bisa juga dengan olah raga lain yang dalam kategori ‘Strength’.  Kapan-kapan aku share ya stepnya di twitter.
Demikian sekilas info tentang Aca! > u <)/


HOW TO START THE DIET:
1. NIAT – Ini penting.  Kayak gimana sih mulainya? NIAT. Mau aku kasih motivasi sampe berbusa. Mau punya pacar orang korea. Mau kamu udah ikut gym sekalipun kalo kamu ga niat. Kamu ga bakalan bisa. Kalo kamu terlalu menggampangkan sesuatu. Say good bye then?
2. Motivasi – Aku mulai karena aku punya motivasi. Yes, there was someone.. Tapi ditengah jalan orang itu bukan lagi menjadi alasan, alasan utama ku adalah sehat. DAN PAKAI BAJU BAGUS! Haha jadi hal pertama yang harus kalian punya adalah MOTIVASI.
Beli baju ukuran yang kalian mau, goal kalian. Gantung deh di kamar. Sayang sih, beli mahal gabisa dipakai karena kekecilan. BUT MAKE IT AS YOUR GOAL. Jangan malah di jual preloved L haha! Serious but it works. Pertama beli baju, ga muat. Pas diet berapa minggu masih ga muat tapi kancingnya mulai mendekat. Bulan selanjutnya masih ga muat tapi tangannya udah ga gitu sesak. PLEASE Love the progress!! That way you will love yourself too.
3. KNOW WHAT BEST FOR YOU – Kak Aca diet apa? Kak Aca diet mayo? Kak Aca aku gabisa diet mayo darah rendah (?) Kak Aca diet keto aku gabisa soalnya darah tinggi (?). Hem. Sighs. Pertama, kalian harus tau badan kalian. Kalo bisa cek gula dan tensi bagus. Kalo ngga ya kira-kira aja ya. Kalo punya magh, JANGAN DIET EKSTRIM KAYAK OCD 24 JAM. Kalo kalian gabisa ga makan nasi, makan aja, ga cuma nasi yang bikin gemuk. Gabisa makan sayur – ini paling susah kalo kamu mau diet, tapi gapapa deh mama ada solusinya, yes keto diet! Terus kalo misal kamu sibuk sekolah/kerja/kuliah atau apapun itu, ga sempet olahraga. Please don’t make it as an excuse. Kalau NIAT pasti bisa lakuin itu. Yang sekolah, kan ada pelajaran olahraga, jadi jangan alesan (kok jadi galak, bercanda kok xixi).
Jadi sebelum diet kenalin diri kamu sendiri ya! Lengkapnya baca F.A.Q aja.
4. TREAT YOUR SELF RIGHT ALIAS CHEAT DAYYYYYYYYYYY – yeas cheat day! Usahakan cheatday hanyalah satu kali dalam seminggu. Sabtu/Minggu. Hari dimana pacar kita nraktir makan, atau sekedar wisata kulineran sama genk kita. Diet tapi wisata kuliner? WHY NOTT? Sharing aja makanannya sama temen, kalorinya bisa dibagi dua yakan? Billnya juga bisa dibagi dua tuh? :P Asal tahu diri aja ya cheatnya. Semisal, kamu diet keto (LOW CARBS DIET), gaboleh makan yang manis kan? Pas jalan sama temen, kalo bisa wisata kuliner yang gak ada manis-manis. Misalnya beli Seblak (TANPA KERUPUK, MIE, MACARONI). Atau beli steak, atau malah Sate taichan.  Kalo kamu Diet Balance, pas wisata kuliner, cari yang menurut kalian paling sehat aja. Misalnya beli frozen yogurt, (tetap harus sharing ya). Sebisa mungkin jangan junk food. Kalo emang harus junk food, kalo bisa sekedar icip aja. Oke? Dan usahain banget tetap itung kalori kalo cheat. Jangan melewati batas kalori harian.
5. OLAHRAGA. Olahraga penting? Penting. Diet itu memang artinya mengatur pola makan. Tapi olahraga untuk kasusku ini bisa menstabilkan berat badan. Bikin badan lebih segar juga. Jadi usahain ya olahraga. 30 Menit aja sehari. 3 kali seminggu untuk waktu sejam. Atau 30 menit setiap hari. Mantep kan? Di jamin cepet dan kalo lagi cheat day bakal tetep stabil deh beratnya. Olahraganya apa? Balik lagi ke diri kamu sendiri. Kamu sukanya olahraga apa? Suka lari? Lari. Suka senam? Senam. Jangan sampe, “Ah kalo mau kurus kan harus lari sekian km, gue males lari. Gausah deh.”. “Kata ka Aca kalo mau kurus harus angkat beban ah gue gausah olahraga deh.” Ya ga gitu juga maleeeen. Kalo emang gabisa weightlift, ya olahraga cardio gapapa. Misal kamu lari, atau senam dari Youtube. Bebas. Pokoknya keringetan. Mau push up di kasur juga boleh kok!
Done. With the starter –


F. A. Q – Frequently Asked Question:
1. Hello Ka. Aku lagi diet tapi kok udah turun 5kgs stuck ya?  - Sama. Pada awalnya turun bisa cepet karena yang dibuang sama tubuh itu adalah AIR. Belum lemak. Dan cara mengeluarkan air itu gampang. Cukup defisit kalori intake, dan mengurangi karbohidrat serta garam. Tapi menghilangkan lemak itu susah. Olahraga dan latih otot. Selain itu badan kamu itu udah kebiasa dengan diet itu. MISALNYA, Kamu gak diet biasanya makan 2000kalori. Pas diet, kamu Cuma makan 1500kalori. Langsung turun PASTI. Beberapa minggu kamu makan 1500kalori aja. Eh lama-lama berat kamu ga turun lagi. Kenapa? Karena badan kamu menyesuaikan. Bagi badan kamu makan 1500 kalori itu emang kebiasaan kamu. Dan berat kamu udah ga akan turun lagi dengan makan 1500 kalori. Jadi harus kamu turunin lagi, jadi 1200 kalori. Tapi apakah cara ini efisien? NGGA. Lah terus kamu mau ngurangin sampe berapa kalori intake coba? Mau sampe cum makan 500Kalories? Ga Make sense kan? Tubuh kamu butuh nutrisi. Kalo caraku adalah, Biasanya Kalo udah stuck, aku cheat. Aku makan 2000 kalori lagi. Aku makan banyak pas sabtu minggu. Terus pas senin mulai lagi 1500 kalori. Jadi badan kamu mikir kamu lagi diet, jadi turun lagi. Kasarnya sih begitu.
2. Kak aku gasuka makan sayur. Gimana dong? – SUSAH. Menurutku diet itu bagusnya bisa makan sayur. Kenapa? Karena sayur kalorinya rendah-rendah. Kamu makan satu bowl besar aja (tanpa dressing mayones atau minyak) Palingan 100an kalorinya. Coba kalo makan gorengan, satu bakwan aja 250kalori. Atau ayam goreng bisa 150an kalorinya. Tapi jangan sedih. Kamu bisa pilih diet Keto yang dietnya memperbanyak protein dibandingkan karbohidrat dan sayur. Bagi yang diet keto, sayur itu adalah serat buat membantu pembuangan aja. WELL YANG DIET KETO MOHON KOREKSINYA. Jadi dengan makan protein hewani aja kamu bisa diet kok. Coba searching diet keto atau diet DEBM yang lagi booming ya? (Kalo aku ga sibuk kapan-kapan aku bahas deh)
3. Kak emang harus ga makan nasi ya? – Gak juga. Kalo aku emang menghindari karbohidrat nasi putih, mie, dan tepung putih karena mereka termask dalam karbohidrat yang gampang dicerna(?) kurang paham juga. Jadi intinya bukan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks itu lebih bagus buat badan kita. Jadi prefer ke nasi merah, roti gandum dll. Tapi kalo emang kamu gak ada itu ya gapapa, makan nasi aja siang. Kalo bisa karbohidrat itu di makan saat siang, karena pada siang hari badan kamu bekerja paling keras. Alias membutuhkan tenaga J Kalo malam takutnya malah menjadi penumpukan.
4. Pola makannya kaka gimana? – PAGI. Aku biasanya ga sarapan. BUT sarapan itu penting untuk sebagian orang karena sarapan mencegah kelaperan di tengah hari dan menghindari makan banyak pada siang harinya. Kalo kamu banyak aktifitas dipagi hari, SARAPAN! Do that. Aktifitas tiap orang itu berbeda jadi jangan sama-samain ya. Kalau kamu Cuma kerja kantoran, dan harus sarapan, menurutku sarapannya sedikit aja. Untuk makan siang, kalo kamu diet biasa usahakan selalu ada KARBOHIDRAT, SAYUR, DAN PROTEIN. Karbohidrat bisa dari nasi/kentang rebus/ubi rebus/labu. Sayurnya terserah kalian dirumah masak apa wkakaka. Proteinnya apa aja, mohon sebisa mungkin JANGAN DI GORENG, dan jangan makan yang berlemak-lemak (kecuali kalian diet keto/debm). Untuk makan malam, aku biasanya makannya sore sebelum maghrib. Diatas jam 6 udah ga makan apa-apa lagi. Dan itu hanya buah kalo laper. Kalo ga buah, boleh roti tawar gandum.
5. Kak makan gorengan ga? – Pas balance diet, diet mayo, diet GM gak gorengan sama sekali. Pas aku DEBM atau keto sih aku makan gorengan. Kalo mau cepet kurus atau menghindari perut buncit, mengurangi gorengan tuh cepet banget.
6. Kak kok aku udah diet awalnya semangat abis itu malas ya? – Aku gabisa ngapa-ngapain kalo gitu. Itu balik lagi kediri kamunya shayyy. Dulu aku juga gitu soalnya. Awalnya semangat, abis cheat malah makin malas karena udah nyobain makanan enak lagi. Tapi sekarang aku menganggap kalo CHEAT DAY adalah anugrah Tuhan yang sangat berharga. Jadi jangan sampe terlena. Sehari dua hari aja cheat nya, kemudian PLEASE back on track.
7. Biar ga malas gimana kak? – Aku nyatet progressku. Aku edit foto lamaku dan fotoku sekarang. Aku cek uang yang keluar buat diet. Aku pikirin kalo aku berenti sekarang atau KALO BERATKU NAIK LAGI. Then semua sia-sia. Dan aku gamau itu terjadi. Inget goal kamu. Ibarat kata kamu lagi lari maraton, kamu siapin baju bagus, sepatu baru, kamu latihan terus pake personal traineer. Abis uang kamu. Eh pas lari kamu lagi di tengah garis, mau ke garis finish. Kamu capek. Minum dulu. Bukannya abis minum lari lagi, malah duduk. Bakal sampe ke garis finish ga? Haha nggak akan. Mau kayak gitu?
8. Kak aku ada magh... – Diet bisa kok. Orang magh aja bisa puasa. Masa diet gabisa. Sesuain aja sama menu kamu sehari-hari. Hanya saja pilih makanan yang lebih sehat dan kurangin porsinya. Gitu aja kok J
9. Kak aku bosen dietku.. – Sama wkakaka aku orangnya bosenan. Aku ganti-ganti pola dietku. Kalo aku lagi kangen oatmeal dan makanan sehat aku balanced diet. Kalo aku mau cepet, aku diet GM. Kalo aku mau makan enak, aku diet keto sebulan. LOL Aku coba semua diet. Yang penting diet. Daripada jadi ga diet mending ganti-ganti cara diet :P Pokoknya do everything that make you comfortable with that. Make it as your habit or lifestyle!
10. Kaka afal kalori? – Gak. Cuma afal beberapa aja kayak nasi, ayam, telur, gado-gado dan yang sering aku makan aja hehe. Biar gampang aku download MYFITNESSPAL. Disitu kamu bisa masukin makanan apa yg kamu makan, ukurannya berapa dan voila keluar deh kalorinya. TAPI INGET, kalori ga akan sama persis ya? Secara takaran bumbu dan bahan kan pasti beda-beda. Jadi itu sekedar patokan kecil aja.
11. Kak besok ada pesta ini pesta itu. Kak dietku gagal nih karena ada donat. Kak aku gagal diet padahal baru hari ketiga – Please. Diet ga akan gagall kalo kamu udah punya niat. “Kak aku punya niat kok.” Menurutku ngga, karena kalo emang kamu niat you will find the way. Ya misal kamu niat, ya ga akan di makan donatnya. Di kantorku tiap ada yang ultah ada donat. Aku ambil? Iya aku ambil, tapi aku kadang simpen taro kulkas, aku makan akhir minggu pas cheating day. Kalo ada nasi box? Aku ambil dan aku kasih untuk makan orang dirumah. Kalo ada snack snack, aku kasih temen kantor lainnya. Kalo aku emang harus makan di mall sama temenku. Aku pilih yang bisa aku makan. It is that simple if you want. Kamu ga akan cari alasan-alasan kalo kamu memang ada niat...
12. Kaka pake obat ga? – NOT AT ALL. Aku aja takut minum Langxing atau apalah itu obat kurusin perut. Racikan yang bisa aku minum Cuma teh ijo celup yang ada di swalayan pake lemon atau jeruk nipis. Lagian I found some people bermasalah sama ginjal karena obat. Jadi aku sangat ga saranin ya teman-teman. Tapi kalo kalian ada yang menurut kalian aman. Jamu atau apalah itu. Monggo...

Ini foto-fotoku sekarang ya...


Feel free to ask me through DM instagram kalo ada mau nanya-nanya tentang diet. Kalo bisa jangan yang udah ada di FAQ ya.. hehehe!

OKAY DEHHHHH,

GOOD LUCK EVERYONE?

XOXO,

ACA

No comments:

Post a Comment